Teori Organisasi Umum 2 - Cara Berkomunikasi Yang Baik

Tugas Individu 2 - Pertemuan ke 3

Cara Berkomunikasi Yang Baik

Ketika kita sedang berbicara dengan seseorang ada beberapa hal yang harus diperhatikan, beberapa hal ini dapat mempengaruhi penilain seseorang terhadap diri anda, begitu pun sebaliknya anda dapat menilai sikap seseorang atau lawan bicara anda dari berkomunikasi satu sama lain. 
Cara berkomunikasi yang baik sangat diperlukan dan harus diterapkan ketika berbicara dengan lawan bicara karena, dengan berkomunikasi yang baik akan terjalin suatu hubungan pertemanan atau persaudaraan yang baik.

Hal -hal yang harus dilakukan atau diperhatikan ketika berkomunikasi dengan lawan bicara yaitu:

  1. Mendengarkan baik-baik lawan bicara ketika ia berbicara, karena dengan begitu obrolannya akan nyambung, 
  2. Bertatapan dengan lawan bicara, jangan menundukkan kepala atau mengalihkan pandangan dari lawan bicara karena, hal itu membuat lawan bicara akan menganggap anda tidak menghargainya.
  3. Menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan mudah dimengerti, jangan terlalu bertele-tele.
  4. Jangan memotong pembicaraan lawan bicara, hal itu akan menimbulkan rasa kesal dan marah apalagi jika hal yang diungkapkan sangat penting.
  5. Ekspresi harus sesuai dengan lawan bicara, contohnya ketika lawan bicara menunjukkan ekpresi sedih anda pun juga harus berekspresi sedih bukan sebaliknya.
  6. Rileks, dapat membuat cara berkomunikasi anda beraturan, dan lawan bicara anda pun dapat mengerti dan memahami maksud dari ucapan anda.
  7. Mengganti topik pembicaraan, hal ini dilakukan agar yang berkomunikasi tidak bosan dengan topik pembicaraan yang itu-itu saja.
  8. Memberikan senyuman kepada lawan bicara, senyuman memberikan pesan bahwa anda menyukai mereka, dan akan membangun hubungan baik antara anda berdua.
  9. Menawarkan saran yang bermanfaat, kenalkan dan jelaskan secara menarik tempat-tempat nongkrong, film, buku, peluang karir yang anda minati atau ketahui. Hal ini dapat menarik perhatian lawan bicara dan mencari kita ketika memerlukan seseorang untuk membantu membuat keputusan.
  10. Akhiri pembicaraan dengan salam yang sopan dan santun. salam penutup akan memberikan kesan positif bagi lawan bicara anda, sehingga akan ada lagi pertemuan-pertemuan berikutnya.



Komentar