PERKEMBANGAN HARDWARE
Perkembangan hardware komputer semakin cepat dari yang sederhana sampai ke hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari sejarahnya, perkembangan komputer diawali oleh kebutuhan manusia untuk melakukan pemrosesan data secara lebih mudah, walaupun prinsip itu tetap berlaku, namun akhir-akhir ini kelihatannya perkembangan hardware komputer lah yang mampu menciptakan “kebutuhan-kebutuhan” dan peluang baru, sebagai contoh: ketika ditemukan komponen-komponen hardware yang lebih kecil dan ipod muncul maka tercipta kebutuhan baru di dunia musik, hal ini juga mampu merubah kondisi industri musik itu sendiri.
Charles Babbage yang pertama kali
mengenalkan komputer yang pertama, namun pada periode ini komputer digunakan
hanya untuk operasi matematika, baru setelah tahun 1940 komputer digunakan
untuk pengolahan data yang lebih luas.Berikut adalah perkembangan generasi
komputer setelah tahun 1940 :
Ø Generasi Pertama (tahun 1940-1959).
Pada generasi ini komputer menggunakan tabung untuk memproses data dan
menyimpan data. Beberapa komputer yang lahir pada generasi ini adalah ENIAC,
EDVAC, EDSAC.
Ø Generasi Kedua (tahun 1959-1964).
Penemuan transistor pada tahun 1948 adalah salah satu faktor yang membuat
generasi komputer ini lahir. Komputer pada generasi ini jauh lebih kecil karena
menggunakan transistor untuk menggantikan tabung vakum yang ukurannya lebih
besar. Pada periode ini pula, bahasa pemrograman sudah mulai dikenal untuk
menggantikan bahasa mesin pada generasi sebelumnya sehingga menyebabkan ada
beberapa profesi baru yang bermunculan seperti programmer, analyst dan ahli
sistem komputer.
Ø Generasi Ketiga (1964-awal80an).
Generasi ini dipengaruhi oleh penemuan IC dan chip untuk mengatasi kekurangan
transistor yang cepat panas. Komputer generasi ini pun membuat komputer menjadi
lebih kecil karena komponen yang banyak dapat dipadatkan dalam satu chip.
Generasi ini pula ditemukan system operasi.
Ø Generasi keempat(awal80an-swkarang).
Generasi ini adalah pengembangan dari mikroprosesor untuk membuat komputer
lebih bisa melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks. Personal Komputer dikenal
pada generasi ini.
Secara garis besar, hardware pada PC itu dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu :
1.
CPU
2.
Memory Utama
3.
Piranti Input & Piranti Output
4.
Media penyimpanan.
CPU
PC didesain berdasar generasi-generasi CPU yang berbeda.
Intel bukan satu-satunya perusahaan yang membuat CPU, meskipun yang menjadi
pelopor diantara yang lain. Pada tiap generasi yang mendominasi adalah
chip-chip Intel, tetapi pada generasi kelima terdapat beberapa pilihan selain
chip Intel.
Processor merupakan bagian sangat penting dari sebuah
komputer, yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Processor yang kita pakai
saat ini sudah sangat cepat sekali. Berikut perkembangan processor mulai dari
generasi 4004 microprocessor yang di pakai pada mesin penghitung Busicom sampai
dengan intel Quad-core Xeon.
Perkembangan processor diawali oleh processor intel pada
saat itu hanya satu-satunya microprocessor yang ada. Tetapi pada saat ini sudah
banyak beredar processor dari produsen yang lain, sehingga user sudah bisa
mendapatkan processor yang beragam.
Sejarah Perkembangan Microprocessor
Intel Processor
1971 : 4004 Microprocessor
pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama
Intel ,microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator
Busicom.
1972 : 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008
yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.
2005 : Intel Pentium 4 Extreme
Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang
ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih
dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi
3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
2005 : Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena
menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz
FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis
ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin
kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan
konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang
dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus dan thermal
design power ( TDP )
2006 : Intel Quad-core Xeon
X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah
core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut
, dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ),
1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).
2008 : Intel i7
Processor ini mempunyai code name Nehalem. Pada
awalnya penggantian nama baru i7 membuat pelanggan setia intel cukup sulit
mengingatnya.
Memory Utama
Random Access Memory (RAM)
Random Access Memory (RAM), atau
biasa juga disebut memory, adalah suatu alat komputer (perangkat
keras/hardware). Ram merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada
komputer atau media elektronik lainnya yang bersifat sementara. Artinya bila
komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di ram
ini akan hilang.
Ada beberapa jenis RAM yang ada
dipasaran saat ini yaitu SRAM , EDORAM , SDRAM , DDRAM, RDRAM , VGRAM dll.
EDO RAM
(Extended-Data-Out RAM)
EDO-RAM
memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja
sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDO-RAM
adalah SIMM (Single Inline Memory Module). Awal ditemukan pada tahun 1995 Hasil
pegembangan dari FPM RAM, jalan pada clock 33-66 mhz dan memiliki 72 pin kaki.
Hanya saja terdapat tambahan teknologi baru dalam chip dimasukan Chace
yang sangat membantu dalam waktu akses pemrosesan data dari RAM tersebut.
SD RAM (Synchronous Dynamic RAM)
SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau informasi
lebih cepat dari EDO
RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline Memory Module).
Merupakan
model/type memory yang paling bertahan lama. Memori ini muncul dari
awal tahun 1996
sampai sekitar tahun 2001. Memiliki kemampuan untuk
mensingkronkan clock yang terdapat
pada memory tersebut dengan clock pada
processor, hal ini menyebabkan system dalam
komputer dapat berjalan seimbang
dengan kata lain waktu pemoresesan data menjadi lebih
cepat dan efesien.
RD RAM (Rambus Dynamic RAM)
RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi awal
keluar pada tahun 1999., digunaan
untuk mendukung prosesor Pentium 4.tipe RDRAM
menggunakan slot RIMM,yang mirip
dengan slot SDRAM.
DDR RAM
(Double Data Rate RAM)
DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang
memiliki kemampuan
dua kali lebih cepat dari SDRAM. Dipakai pada komputer
berplatfrom Pentium IV ke atas
atau sejenisnya adalah merupakan hasil
regenerasi dari SD RAM.
Read Only Memory
Read Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang
berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer
dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. ROM tidak bisa ditulisi
atau diubah isinya oleh pengguna. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang
sifatnya non volatile. Penggunaan dari ROM ini contohnya adalah sebagai media
penyimpanan dari BIOS (Basic Input-Output System) yang dibuat oleh pabriknya.
Ada 4 macam ROM, yaitu:
PROM
programmable read only memory. Yaitu rom yang bisa kita
program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu
tidak dapat lagi deprogram.Chip PROM adalah suatu chip yang kosong yang mana
program dapat dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus.
RPROM
Re progamable ROM.Merupakan perkembangan dari versi PROM
dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang
diinginkan.
EPROM
Erasable programmable read only memory. EPROM mirip dengan
PROM, tetapi program dapat dihapus dan program yang baru bisa dituliskan ke
dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus yang menggunakan sinar
ultraviolet. EPROM digunakan untuk controlling device, seperti robot dan
sebagainya.
EEPROM
Electronic erasable programmable read only memory. Chip
EEPROM dapat diprogram ulang dengan menggunakan suatu electric impulses yang
khusus. Mereka tidak perlu dicabut atau diubah.
Perkembangan
Peralatan Input dan Output Komputer
Input Device
(Alat Masukan), adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat
untuk
memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
Output Device
(Alat Keluaran), adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.
Keluaran dapat berupa hard-copy (ke
kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun
berupa suara.
Peralatan Input
·
Joy Stick dan Games Paddle
Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan
oleh Christopher Latham pada tahun 1868, dan pada tahun 1887 diproduksi dan
dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini
adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard
standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard
ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa
jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis - Jenis Keyboard :
1.
QWERTY
2.
DVORAK
3.
KLOCKENBERG
Mouse
Mouse adalah
salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak
sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal
listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam
mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol
kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung
(scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless. Mouse yang dalam bahasa Indonesia
berarti “tikus” (Disebut seperti ini karena bentuk dan kabel yang terdapat pada
mouse benar-benar menyerupai tikus),
Floppy Disk
Drive
Merupakan
peralatan masukan yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media
penyimpan data flopy disk (Disket). Alat ini
juga dapat berfungsi untuk menulis atau merekam data ke dalam disket.
Joy Stick dan
Games Paddle
Sejarah Joystick
Joystick mulai dikenal pada abad 20-an pada waktu itu di nama joystick
diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.Kemudian joystick berkembang menjadi alat
elektrik. 2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun1944 di Negara Jerman. Di
sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke
arah target nya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital.Cara
kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil
via radio.Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan
berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat
yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964).Kraft kemudian menyalurkan ide
joysticks kepada industri komputer dan para pemakai lain. Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. Kemudian menciptakan game video yang pertama
dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang
semakin mengenal istilah joystick lewat video
game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat
joystick dikembangkan ke dalam perangkat komputer (hardware)
Scanner
Scanner adalah
sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks
yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Scanner hasilnya
dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan
yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang
biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer). Saat ini telah
dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem
kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer,
biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar
jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat
tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
CD ROM/CD RW
CD ROM
Peralatan
masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data
CD (Compac Disk)
CD RW
Selain
berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD (Compac
Disk) juga dapat menulis dan merekam data pada CD CD ROM / CD RW mempunyai
kecepatan berbeda-beda antara lain: 40 X, 52 X, dst.
DVD
DVD ROM
Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau
program dari media penyimpan data baik CD atau DVD
DVD RW
Selain berfungsi untuk membaca data atau program dari
media penyimpan data CD/DVD juga dapat menulis dan merekam data pada CD / DVD
DVD ROM / DVD RW mempunyai kecepan berbeda-beda antara lain: 40 X, 52 X, dll. Merupakan media penyimpan data optical disk berbentuk
piringan dengan kapasitas penyimpan data besar. Yang paling sering
dipakai adalah CD-R (Recordable) dapat menyimpan data
sampai 700 MB, hanya dapat menyimpan sekali tidak dapat diulangi.
Sedang CD-RW (Rewriteable) dapat membaca dan menyimpan /
menulis data berkali-kali. DVD-R dan DVD-RW adalah
salah satu media penyimpan optical disk lain yang mempunyai
kemampuan atau kapasitas penyimpan data hingga ukuran diatas 10 GB
dalam 1 piringan. Beberapa merek CD/DVD antara
lain: Sony, Verbatim dll.
Peralatan Output
Printer
Printer
merupakan sebuah alat keluaran yang
menghasilkan suatu gambaran data tetap berupa cetakan.Printer adalah jenis hard-copy device, karena
keluaran hasil proses dicetak di atas kertas.Pada saat ini terdapat bermacam-
macam jenis printer dengan kecepatan, kualitas, model, dan sistem pencetakan
yang berbeda - beda. Media pencetakan juga bermacam - macam, mulai dari kertas
printer bersambung (Continuous Form), Kertas HVS ukuran A4, Folio dan lain
lain. Jenis – jenis Printer:
1.
Line-Printer
Line printer
merupakan printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line)
kata-kata dalam satu saat. Secara umum, kualitas huruf yang dihasilkan oleh
line printer tidaklah begitu istimewa seandainya dibanding dengan hasil dari
sebuah mesin ketik. Line printer memang digunakan bukan untuk kualitas
hurufnya, tetapi yang diperlukan adalah kecepatannya dalam hal mencetak huruf
baris demi baris. Secara umum, line printer sanggup mencetak antara 300 hingga
6.000 line dalam satu menit (lpm) tergantung jenis dan merk printer.
2.
Printer
Dot-Matrix
Printer
Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain
itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta
kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan
terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Kelebihannya awet, pita
printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk
printer jenis inkjet dan laserjet.
3.
InkJet Printer
Inkjet printer
adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas
untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Tetapi pada inkjet printer, hasil
cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer. Karena
menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per-inchie).
Kelemahan printer jenis ini diantaranya adalah, tidak bisa mencetak secara
rangkap pada saat bersamaan). Printer ini juga memiliki jenis yang berwarna
ataupun tidak.
4.
Laser Printer
Daya cetaknya
juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat
bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat
kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal. Proses pencetakkannya dilakukan
dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh
semi conductor laser.
5.
Plotter
Plotter
merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output
komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Landscape-arsitektur banyak
menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun
untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
6.
Inkjet Plotters
Inkjet Plotters
merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan berbagai image dengan
menggunakan semprotan tinta dari pelbagai warna yang mana warna ini kemudian
akan menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum.
7.
Printer Digital
Printer ini
bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan
adanya sebuah PC maupun dengan PC. Pada sector
video, Sony melengkapi produk video kameranya yang dapat terhubung langsung
dengan sebuah printer mini. Proses ini berlaku juga untuk proses sebaliknya
dari digital ke-analog. Yang perlu dilakukan hanyalah menghubungkan kedua
piranti melalui Bridge secara langsung tanpa melalui PC.
Monitor
Monitor adalah
salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal
elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar
yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor
memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan
ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang
akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor.
Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar
dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar
(flat). Monitor berwarna jenis CGA
(Color Graphic Adapter) mampu menampilkan 16 warna dengan resolusi 640X200.
Untuk jenis EGA (Enhanced Graphic
Adapter), VGA ataupun Super VGA (Video Graphic Array)
memiliki kemampuan untuk menampilkan 16 warna pada modus text dan 256 warna
pada modus grafik.Secara umum jenis – jenis monitor, yaitu:
1.
Cathode Ray
Tube (CRT)
CRT merupakan teknologi
display yang dominan. CRT bekerja dengan melewatkan aliran electron dari alat
semacam electron gun, difokuskan, dan diarahkan ke medan magnet. Cahaya
mengenai layer yang dilapisi fospor (phosphor-coatedscreen) yang kemudian
diaktifkan oleh elektron sehingga berpencar. Terdapat tiga type yang berbeda
dalam hal pembuatan citra (image), yaitu raster scan, random scan, dan direct
view. Kelebihan CRT, warna akurat
yang bisa memberikan warna yang lebih kaya dalam spectrum penuh, lebih cepat merespons warna di bandingkan monitor LCD. Sudut penglihatan (viewing angel) pada
monitor CRT sangat bagus dalam menampilkan brightness dan sudut pandang yang
sangat lebar.
2.
LCD (Liquid
Crystal Display)
LCD dikenal
sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki
kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. Intensitas pancaran cahaya yang
rendah ditambah dengan sedikitnya flicker menyebabkan LCD tidak melelahkan bagi
mata dibandingkan dengan CRT.
Kelebihannya, monitor LCD
memiliki bentuk yang ramping, datar, ringan, dan tipis, ukuran diagonal LCD
sama dengan wilayah tampilanya sehingga tidak ada area yang hilang, monitor LCD terlihat lebih tajam dalam menampilkan tulisan dan gambar. Pada layar LCD, tidak terjadi flicker
atau kelap-kelip. Monitor LCD mengkonsumsi daya listrik jauh lebih rendah
dibandingkan monitor CRT.
3.
Panel Layar
Panel Layar Plasma (PDP)
PDP adalah
jenis display panel datar umum untuk besar TV menampilkan (80 cm atau lebih
besar). Gambar Monitor Plasma untuk penggunaan display lebih bagus sesuai
dengan kebutuhan yang digunakan, baik itu dari segi tampilan atau harga, karena
pada LCD dan Plasma lebih mahal di bandingkan dengan monitor CRT.
Speaker
Speaker akan
memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui
komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion
online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Rentang
frekuensi suara yang mampu dihasilkan sistem speaker adalah diantara 20 Hz – 20
Khz dan itu adalah sesuai dengan rentang fekuensi pada pendengaran manusia.
Berdasarkan rentang frekuensi itulah, speaker terbagi lagi dalam beberapa jenis
seperti Tweeter, Midrange,
Midbass, dan Subwoofer / woofer.
Headphone
Headphone
berfungsi sama seperti speaker yaitu mengeluarkan Suara namun dalam kapasita
lebih kecil di bandingkan dengan speaker. Cara Kerjanya, suara yang telah di
input melalui Microphone dikirim kesoundcard Data digital ini kemudian diolah/
diproses Oleh DSP (Digital Singnal Processing) Yang bekerja dengan DAC (Data
Analog Converter), yang mengubah sinyal digital Menjadi analog dan di keluarkan
memlalui Headphones.
Infokus atau
Proyektor
Infocus hampir
sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan
gambar/visual
hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media
penerima pancaran singnal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima
tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang).
Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar
putih yang dibentangkan.
Media
Penyimpanan
Seiring
perkembangan zaman, maka teknologi juga semakin maju dan berkembang. Hal ini
berimbas pada media penyimpanan data yang terus berevolusi dari masa ke masa.
Punch Card
Punch
Card adalah selembar kertas kaku yang berisi baik perintah untuk mengendalikan
mesin otomatis atau data untuk aplikasi pengolahan data. Media ini ditemukan
pada tahun 1725 oleh Basile Bouchon dan digunakan hingga tahun
1970. Selain itu, fungsi utama media ini bukan untuk menyimpan informasi
atau data untuk manusia, melainkan untuk menyimpan pengaturan (setting) untuk
mesin yang berbeda
Punch
Tape
Orang
pertama yang mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk
mesin faksimili dan mesin telegram tahun 1846 ini bernama Alexander Bain. Media
ini dapat menyimpan data lebih banyak daripada Punch Card.
Selectron Tube
Pada tahun 1946 RCA mulai
mengembagkan Selectron Tube yang merupakan awal
format memori komputer.
Perangkat ini berukuran 10 inci dan dapat menyimpan data sebanyak
4096 bits. Tetapi harga satu buah Selectron Tube ini sangatlah mahal dan
umurnya pun sangat pendek di pasaran.
Magnetic
Tape
Media penyimpanan ini telah
digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data pada tahun 1950-an. Sebuah
roll Magnetic Tape dapat menyimpan data setara dengan 10 ribu Punch
Cards.
Compact Cassette
Compact
Cassette ini merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape. Media penyimpanan
ini dikenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970
menjadi populer.
Magnetic Drum
Magnetic
Drum memiliki panjang 16 inch yang bekerja 12.500 putaran per menit (12.500
RPM). Media penyimpanan jenis ini digunakan sekitar tahun 1950an sampai 1960an.
Disket
Disket
ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1969. Saat itu media ini hanya bisa
membaca saja atau istilahnya adalah read only. Maksudnya adalah,
ketika data tersimpan, data tidak lagi bisa dimodifikasi ataupun dihapus dari
dalam Floppy Disk ini. Ukuran media ini hanya sektar 8 inch dan hanya dapat
menyimpan data sekitar 80 Kb. 4 tahun kemudian, Floppy Disk yang
baru muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256 Kb.
Zip Disk
Zip
Disk adalah contoh alternatif penyimpan disket yang berkapasitas lebih besar.
Diproduksi oleh Iomega Corp., Zip Disk adalah disk berlapis magnetik berkualitas
tinggi yang memiliki kapasitas sebesar 100, 250 bahkan 750 Megabyte. Untuk
ukuran 100 Megabyte saja, kapasitasnya telah melampaui 70 kali kapasitas disket
biasa.
Hard
Drive
Ini merupakan Hard Disk Drive
yang pertama kali dibuat. Hard Drive pertama kali dibuat dan diproduksi
oleh perusahaan IBM pada tahun 1956 yang kemudian disebut sebagai HDD Generasi
pertama. HDD pertama ini ditemukan dan diciptakan oleh Reynold Johnson. HDD ini
berlabel RAMAC 305 yang mempunyai kapasitas 5 Mega Bits.
Laser
Disk
Tahun 1958, media lain bernama
Laser Disk berhasil ditemukan, dan pada tahun 1972 untuk pertama kalinya video
disk didemonstrasikan kepada publik. 6 tahun kemudian, sekitar tahun 1978,
media ini telah tersedia di pasaran. Hal yang tidak mungkin manusia simpan pada
tahun sebelumnya dapat di simpan di media penyimpanan ini.
CD,
DVD, HD-DVD dan Blu-Ray
Media penyimpanan ini muncul
pada tahun 1979 hasil kerja sama Philips dengan Sony. Ukuran Compact Disk ini
lebih kecil dibandingkan Laser Disk. Penjualan Compact Disk ini pun mulai
meledak di pasaran pada tahun 1982. Kemudian CD ini terus berevolusi menjadi
DVD, HD-DVD dan Blu-Ray, yang tentunya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh
lebih besar, namun bentuknya tidak berubah.
Memory Card
Memory Card pertama kali
dikeluarkan sekitar tahun 1990-an. Memory Card mengalami evolusi yang cukup
besar juga dari segi ukuran dan besar data penyimpanan. Media ini biasanya
dipakai pada atau alat elektronik yang bersifat praktis atau portable seperti
ponsel atau kamera. Perkembangan memory ini juga
mempelopori keluarnya Flashdisk.
USB Flash Drive
Pada tahun 1999, Amir Ban, Dov
Moran dan Oron Ogdan menemukan sistem penyimanan data terbaru, USB Flash Drive
atau biasa kita sebut Flashdisk. Media ini biasanya digunakan untuk memindahkan
data dari satu komputer ke komputer lainnya atau untuk menyimpan data komputer
sebagai backup (cadangan).
External Hard
Disk
Fungsi dari External Hard Disk
ini sama seperti Hard Disk biasa. Bedanya, media ini bisa dibawa kemana-mana
tanpa harus membongkar komputer kamu. Biasanya media ini juga digunakan sebagai
media penyimpan data cadangan, sama seperti flashdisk. Kapasitas tertinggi
untuk media ini telah mencapai 2TB.
SSD (Solid State
Drive)
SSD sendiri adalah media
penyimpanan berbasis chip Flash yang berjenis Non Volatile Memory. Non Volatile
Memory memungkinkan data yang tersimpan di SSD tidak hilang meski aliran
listrik terputus.
Cloud Storage
Cloud Storage adalah
media penyimpanan online, dimana kamu dapat menyimpan data pada server
virtual yang tersedia
PERKEMBANGAN
SOFTWARE
Pengertian Software
Kumpulan
dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode
yang hanya dapat di mengerti oleh komputer.Software Komputer ini
berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam
perkembangannya.
Software
komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan untuk memberitahukan
komputer hardware dalam melakukan tugasnya. Software Komputer menterjemahkan
dan mengarahkan pengguna komputer agar mengerti mengenai apa yang dapat
dilakukan oleh komputer hardware.
Sebagian
besar dari software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa
pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman seperti
layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada umumnya dalam melakukan perbincangan.Perintah-perintah
tersebut dinamakan “Source Code”.Program komputer lainnya dinamakan Compiler
yang digunakan pada source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke
bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer.Dan hasilnya dinamakan program executable
(EXE).
Sejarah Perkembangan Software
Dibagi dalam beberapa era yaitu Era
Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern.
1. Era Pioneer.
Pada Era Pioneer ini bentuk software
komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer,
Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang
di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung,
sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu.
2. Era Stabil.
Pada Era Stabil ini baris-baris
perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu,
tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking).
Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi
user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal
sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
3. Era Mikro.
Pada Era Mikro ini software komputer
dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office,OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler,
Visual Basic, Delphi, dll)
4. Era Modern.
Pada Era Modern ini software
komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di
lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat
kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat,
selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal
suara dan gambar.
Open
Source yang akrab terdengar dikatakan sebagai source code yang terbuka bagi
siapa saja yang ingin mempelajari maupun ikut mengembangkan. Source Code ini
disertakan dengan distribusi paket software yang sudah jadi (hasil kompilasi)
sehingga pembeli ataupun pengguna software dapat membedah software tersebut
sesuai dengan keperluanya. Bahkan dapat ikut memperbaiki Bug atau kesalahan
logika dalam software tersebut.
Pada
software yang Close Source, paket software tidak dapat didistribusikan lagi
selain oleh pembuat/vendor software tersebut.Sedangkan software yang Open
Source dapat didistribusikan secara bebas oleh siapapun. Dalam banyak kasus,
bila terjadi Bug dalam software pada Close Source pengguna sangat tergantung
kepada vendor yang harus menunggu update untuk memperbaikinya. Seringkali
vendor kurang cepat merespons perkembangan terkini dan permintaan pengguna.
Klasifikasi Software
1. Bahasa
pemrograman
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan
arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di
jalankan computer. Contoh : COBOL, BASIC, C, FORTRAN, JAVA.
2.
Sistem Operasi
Sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan
masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan
keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix,
Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
3.
Utility
Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan
fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware
troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur
ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton
Utility
PERKEMBANGAN PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM
INFORMASI
Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah adalah
suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan
pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan.
Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi
dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan
manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering
digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan
teknologi.
Jadi perbedaan antara Teknologi Informasi dengan Sistem
Informasi yaitu sistem informasi mencangkup seluruh sistem didalam perusahaan
secara keseluruhan termasuk teknologi informasi,akuntansi, manajemen, dll di
dalamnya, sedangkan teknologi informasi ada untuk membantu/menunjang kegiatan
sistem informasi, diantaranya pembuatan hardware, software, network, database,
dll.
Ada berbagai macam sistem informasi
dengan menggunakan teknologi
informasi,antara lain:
1.
Electronic Data Processing Systems
2.
Data Processing Systems (DPS)
3.
Decision Support System (DSS)
4.
Management Information System (MIS)
5.
Executive Information Systems
(EIS)
6.
Expert System (ES)
7.
Accounting Information System
(AIS).
Penerapan Teknologi Informasi dalam Industri
Contohnya Aplikasi Dalam Industri Makanan
Berdasarkan
National Restaurant Association, sebuah organisasi pendukung dalam melakukan
bisnis di bidang makanan, layanan industri makanan akan mengalamai peningkatan
nilai jual yang akan melebihi angka 632 miliar dollar di masa yang akan datang.
Hal ini mendorong banyak restoran akan menggunakan teknologi untuk membantu
banyak aspek seperti penjualan dan pelayanan.
Beberapa
aplikasi yang sudah digunakan di berbagai restoran atau industri makanan adalah
penggunaan kartu kredit untuk melakukan pembayaran dan pemesanan makanan dengan
menggunakan aplikasi berbasis layar sentuh. Ada beberapa teknologi yang
lebih canggih telah digunakan berbagai toko yang dapat mendorong potensi
berkembangnya bisnis makanan secara global. Teknologi tersebut di antara lain :
1. Mesin
vendor makanan berbasis touchscreen
Mesin vendor seperti MooBella yang
menjual es krim dapat memproduksi berbagai variasi rasa es krim dalam waktu
yang cepat yakni sekitar 40 detik. Contoh lainnya adalah mesin Coca-Cola’s
Freestyle Soda Fountain yang dapat menghasilkan minuman dengan berbagai rasa
sesuai keinginan hanya dengan satu mesin berbasis layar sentuh. Dari segi
biaya, mesin ini memang tidak dapat dikatakan murah.
2. Pengelolaan
restoran dengan aplikasi berbasis tablet pc
Breadcrumb merupakan suatu aplikasi
yang menyediakan tampilan visual dari meja, menu makanan dan bahan makanan yang
digunakan, informasi pembayaran makanan, dan tiket pemesanan meja yang
menggunakan perangkat berupa tablet pc. Aplikasi ini akan mengirim semua data
yang dipesan pelanggan restoran langsung ke dapur sehingga akan mempermudah
pelayanan dan mempercepat produksi makanan.
3. Tenaga
penghasil biodiesel otomatis
Chico, perusahaan penghasil
biodiesel menciptakan sebuah prosesor BioPro untuk menciptakan bahan bakar
dengan menggunakan minyak bekas baik minyak hewani maupun nabati. Hal ini tidak
hanya mengaplikasikan konsep eco-friendly melainkan juga mengurangi biaya untuk
menggunakan peralatan masak seperti alat penggorengan khususnya dalam
restoran siap saji.
4. LED
Alert Systems
Berbagai karyawan yang berbeda
bahasa dan kesibukan di dapur restoran dapat membingungkan karyawan dalam
bekerja. Dengan adanya Power Soak’s Silent Alert System produksi Kansas City,
Mo., karyawan dapat mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan beberapa
peralatan masak dengan adanya sinar yang akan menyala.
5. Pemantauan
menggunakan webcam
Vision Enabled Training, sebuah
sistem produksi Elmwood Park, dapat merekam kerja karyawan dalam persiapan
makanan dan berbagai area lain untuk mendeteksi apakah ada pelanggaran terhadap
peraturan kesehatan dan keselamatan kerja. Percobaan terhadap sistem ini dapat
dilakukan dengan menggunakan tanda pengenal karyawan yang dilengkapi alat
transmisi untuk memberitahukan sistem apakah karyawan menggunakan sarung tangan
ketika menyiapkan makanan atau tidak.
Penerapan Sistem Informasi dalam
Industri
Untuk mencegah munculnya kesalah pahaman
informasi, informasi diorganisasikan ke dalam suatu bentuk yang terstruktur
yang disebut dengan sistem informasi. Di industri perhotelan, sistem informasi
yang digunakan bertujuan untuk menciptakan informasi dalam berbagai level
manajemen perhotelan. Di era globalisasi, teknologi sangat dibutuhkan untuk
mendapatkan daya saing dengan industri lain.
Untuk mempermudah pembagian sistem
informasi, maka ada beberapa tipe atau kelas yang dapat digunakan di antaranya
:
1.
Transaction Processing Systems (TPS)
Merupakan dasar dari sistem
informasi yang menyediakan dukungan terhadap transaksi bisnis atau disebut juga
dengan level operasional. Di hotel, sistem ini berperan menyiapkan, memproses,
mengirim, dan menerima reservasi dari tamu, persiapan dokumen pembayaran,
pemantauan persediaan kamar, pengelolaan daftar produk dan layanan yang
digunakan tamu, dan hal-hal berbasis operasi lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa
tujuan utama sistem ini adalah menciptakan informasi sebagai pendukung tipe
sistem informasi yang lain.
2.
Management Information Systems (MIS)
Ditujukan kepada manajemen bagian
tengah yang menyediakan manajer informasi yang telah dibuat dan dikategorikan
dari TPS. Sistem ini mengamankan laporan dan akses langsung ke data transaksi
hotel yang sekarang dan yang lampau. Fitur utama sistem ini adalah mendukung
pengenalan keputusan bisnis dengan menggunakan prosedur-prosedur, peraturan
pembuatan keputusan, dan arus informasi yang berkaitan telah didefinisikan
sebelumnya.
3.
Support Systems (MSS)
Mendukung aktivitas manajemen
seluruh level pembuatan keputusan.
4. Decision
Support Systems (DSS)
Menyediakan dukungan untuk
masalah-masalah yang belum tentu kepastiannya,sitem ini biasanya digunakan
untuk manajer tingkat menengah dan atas.
5.
Group Decision Support Systems
(GDSS)
Memperluas konsep DSS dengan
menggunakan alat komunikasi khusus seperti presentasi dengan menggunakan slide
dan video conference untuk sekelompok manajer. Kelebihan GDSS berada pada
kenyataan bahwa semakin banyak partisipan (dalam hal ini manajer) semakin
banyak informasi yang bisa didapat untuk mendukung pengambilan keputusan yang
tepat.
6.
Expert Systems (ES)
Merupakan bagian kecerdasan buatan
yang digunakan untuk menyelesaikan masalah di tingkat yang lebih kompleks.
Sistem ini menerapkan pengetahuan dan dapat memahami serta mengadaptasi
berbagai kemungkinan masalah yang dapat terjadi dalam proses bisnis.
7.
Execute Support Systems (ESS)
Menyediakan informasi yang
dibutuhkan manajer tingkat atas dalam proses pengambilan keputusan yang tidak
bisa ditemukan di tipe sistem informasi yang lain seperti penetapan harga kamar
hotel, jumlah tamu hotel per tahun, pesaing hotel, dan lain sebagainya. Sistem
ini memungkinkan akses pencarian di basis data secara individu dan disertakan
dengan tampilan visual yang lebih baik.
8.
Office Automaton Systems (OAS)
Menyediakan dukungan untuk berbagai
aktivitas bisnis dan fungsi manajemen di seluruh tingkat pembuatan keputusan
dalam perusahaan. Teknologi yang digunakan sistem ini bervariasi mulai dari
pemrosesan dokumen (pemrosesan teks dan gambar), komunikasi (e-mail),
telekonferensi, dan sistem pendukung lain seperti job organizer.
Jadi
sebenarnya teknologi informasi digunakan sebagai alat untuk meningkatkan
kinerja perusahaan dan sistem informasi untuk membantu para pengambil keputusan
untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Keduanya memiliki peran yang dapat
mendukung perkembangan industri dan penghasilan negara jika didukung oleh
sistem, infrastruktur peralatan teknologi informasi dan sumber daya manusia
yang memadai.
Kesimpulan
Perkembangan hardware tersebut dapat
disimpulkan bahwa hardware komputer bergerak ke arah yang lebih kecil, mobile,
kapasitas penyimpanan besar, handal dalam pemrosesan data, serta output dan
input devices yang memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan mudah dengan
komputer.
Software
adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis
dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Diantara
teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan software. Sekarang
software sangat berkembang pesat hampir setiap tahun software selalu mengalami
perkembangan. Sedangkan model dan design dari software itu sendiri juga
mengalami perkembangan.
Teknologi
Informasi adalah adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data,
termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam
berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi
yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi,
bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk
pengambilan keputusan.sedangkan Sistem Informasi adalah kombinasi dari
teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk
mendukung operasi dan manajemen.
Saran
Untuk kemajuan teknologi komputer
maka diharapkan agar perkembangan komputer kedepan mampu mengubah pola fikir
dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif.
Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi
manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi komputer
dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu
mempercerdas bangsa bukannya untuk menghancurkan moral moral bangsa. Kemajuan
komputer software dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan
manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat
karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan
dengan system komputer.
Komentar
Posting Komentar