CARA MEMBUAT ANIMASI PADA PIVOT STICKFIGURE ANIMATOR


Langkah  - langkah :

Langkah pertama adalah buka aplikasi pivot animator dengan cara klik start - ketikkan pivot animator pada search.


Setelah aplikasi terbuka maka akan muncul jendela kerja pivot animator seperti tampak pada gambar di bawah.


1.      Lalu setelah itu, pilih edit lalu masuk ke menu pengaturan, atur lebar dan tinggi layer



Setelah mengatur layer, lalu sekarang kita bisa memasukkan figurenya. Figur dapat dibuat sesuai keinginan ataupun menggunakan figur yang telah disediakan pivot animator.



Kemudian klik tools "Ganti Tipe Figur" untuk menduplikat dan mengganti figur sesuai dengan yang diinginkan jika ingin membuat figur sendiri.



Setelah itu klik tools file dan pilih tambahkan ke animasi lalu stick figur tersebut akan muncul di layer.


Atau jika tidak ingin membuat figur sendiri bisa menggunakan figur yang telah disediakan figur animator dengan cara klik File pilih masukkan tipe figur.



Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut, Disini saya menggunakan figure man evolved. Lalu setelah itu memilih figure yang diinginkan klik open.



Figur yang telah dipilih tadi akan muncul di lembar kerja pivot animator.



Jika ingin menggunakan lebih dari satu figur, figur yang sebelumnya dapat di copy paste dengan mengklik icon copy dan paste yang terdapat di tools figur ini.
Pada gambar di bawah ini telah dibuat beberapa pergerakkan kedua figur tersebut dengan cara mengarahkan kursosr pada sendi figur yang berbentuk lingkaran merah kemudian digerakkan sesuai keinginan dan jangan lupa pada setiap perubahan pergerakkanharus selalu menambahkan frame. Objek pistol yang dipegang oleh salah satu figur diimprt dengan cara mencari file pistol dengan format .stk kemudian klik file tersebut maka akan langsung muncul pada lembar kerja.



Di bawah ini adalah frame frame dari pergerakkan yang telah dibuat. Cara menambahkan frame sangat mudah sekali yaitu hanya dengan mengklik button "Tambah Frame" yang sudah ada di jendela lembar kerja pivot animator. Pada project yang saya buat ini menggunakan 74 frame.





Setelah figur sudah diberi pergerakkan yang diinginka. maka tahap akhirnya adalah menyimpan project tersebut dengan cara CTRL + S - OK.
Project yang telah saya buat tadi sudah saya simpan dengan nama "cobaa" dan dengan format *.piv format tersebut sudah ditentukan dari aplikasi pivot animator.




SEMOGA BERMANFAAT YA!!!!!!














Komentar